konveksi baju toga wisuda murah

Baju wisuda atau toga adalah pakaian resmi yang dipakai dalam sebuah seremoni atau upacara wisuda untuk merayakan kelulusan mahasiswa.

Dibalik bentuknya yang aneh, toga mempunyai sejarah serta filosofi yang cukup panjang.

Kata toga berasal dari kata tego, yang dalam bahasa latin berarti mempunyai makna penutup. Biarpun umumnya dikaitkan dengan bangsa romawi, tetapi toga sebenarnya berasal dari sejenis jubah yang biasa dikenakan oleh pribumi italia, yaitu bangsa etruskan yang hidup di negara Italia sejak 1200 SM.

Pada waktu itu, toga belum berbentuk jubah, tetapi hanya kain sepanjang 6 meter yang cara menggunakannya hanya dililitkan ke tubuh.

Walau tak praktis, toga adalah satu-satunya pakaian yang dianggap pantas waktu seseorang berada di luar ruangan untuk menutupi tubuh mereka.

Sesudah itu sejarah toga berkembang di romawi, ketika toga dijadikan busana oleh orang-orang romawi.

Seiring berjalannya waktu, pemakaian toga untuk busana sehari-hari mulai ditinggalkan secara perlahan-lahan. Namun tidak berarti toga hilang begitu saja. Sebab setelah itu bentuknya dimodifikasi menjadi sejenis jubah.

Akhirnya modifikasi itu mengangkat derajat toga dari pakaian sehari-hari menjadi pakaian resmi seremonial yang mana diantaranya yakni seremonial wisuda.

jual baju wisuda murah

Di negeri barat, kostum untuk merayakan kelulusan hanya disebut gown. Sementara topinya berbentuk bujur sangkar dan disebut mortarboard. Tetapi ada juga yang menyebutnya graduate cap dan black cap.

Toga mempunyai arti filosofis yang kental, salah satunya adalah arti warna hitam pada toga. Pemilihan warna hitam gelap pada toga adalah simbolisasi dari misteri serta kegelapan yang telah berhasil dikalahkan oleh sarjana ketika mereka menempuh pendidikan di bangku kuliahan. Disamping itu sarjana juga diharapkan mampu menyibak kegelapan dengan ilmu pengetahuan yang sudah didapatnya di perguruan tinggi.

Warna hitam juga melambangkan keagungan, sebab itu warna hitam juga pakai oleh hakim serta separuh pemuka agama pada jubahnya.

Topi toga juga mempunyai arti filosofi tersendiri. Sudut-sudut persegi pada topi toga merupakan simbol gar seorang sarjana dituntut untuk berpikir secara rasional serta memandang segala sesuatu hal dari beraneka sudut pandang.